Guestbook

Rabu, 04 Juni 2014

Lengko Khas Tgal

Dari Sabang Sampai Merauke...Itu sebutan untuk negara Indonesia. Dari Sabang sampai merauke, bisa terbayangkan seberapa jauhnya hal itu. Dari jaraknya yang jauh terdapat banyak daerah. Salah satunya Kota Tegal tercinta,hehe. Kota kebanggaanku...

Yap aku lahir dan dibesarkan di tegal. Jadi sudah paham seluk beluk tegal. Dari jalanan besar sampai jalanan tikus di tegal ahaha(lebay mode : on). Jadi soal makanan khas tegal gagat gak kalah ngertinya sama si ahli kuliner di trans tv itu,hihihi...

Lengko, merupakan salah satu makanan khas tegal. Aku ambil lengko karena kebetulan sekali nenekku masak lengko terus dapet ide dah untuk dibuat posting kali ini. Ini aku kasih liat gambarannya :


Dilihat dari gambar di atas di mangkuk merah adalah bumbu. Bumbu kacang. Di piring satunya adalah irisan mentimun dan tahu. Sepintas di pikiran anda pasti berfikir, bumbu kacang identik dengan ketoprak, pecel, rujak, dsb. Tapi ini berbeda ! Karena lengko tidak sama rasanya dengan nama makanan - makanan di atas. Di gambar atas terlihat isi mentimun dan tahu, bila sudah dicampur dengan nasi dan bumbunya maka jadi seperti ini :


Tidak harus dengan nasi. Lengko bisa menggunakan lontong. Maka dari itu biasanya lengko disebut dengan nasi lengko atau lontong lengko, tergantung dari isiannya. Untuk lengkapnya lengko yang biasa dijual di warung, terdiri dari nasi / lontong, irisan mentimun dan tahu lalu taoge mentah, bumbu kacang, diberi kecap, krupuk mi, dan terakhir bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar